advert

Album
Gramedia

Gramedia

Gramedia Pustaka Utama sejak Rumah Dunia berdiri mendukung. Mulai dari sumbangan buku-buku hingga dana. Pernah pada 2005 menggelar 'Gramedia Book Fair" di Rumah dunia. (*)

Lanjut...

Majalah Ummi

Majalah Ummi

Pada 31 Mei 2014, Majalah Ummi genap berumur 25 tahun. Ini bukan sekadar usia, tapi itu membuktikan kemampuan bertahan. Sebagai wujud syukur, majalah Ummi memberi hadiah sebuah mobil baca ke Rumah Dunia. Sebgai media Islam, kehadiran majalah Ummi sangat menginspirasi keluaga muslim di Indonesia. Selamat. Tetap bertahan.

Lanjut...

Yayasan Tunas Cendekia

Yayasan Tunas Cendekia

"Semakin banyak yang peduli, semakin banyak yang terbantu," kata Yudhis Juwono, Ketua Yayasan Tunas Cendekia. Dia sering mendukung Rumah Dunia. Misalnya, saat tur "sembako buku" di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada 2013, Yayasan Tunas Cendekia meminjamkan "Mobil Kepedulian". Juga "Jambore TBM" Februari 2014 lalu.(*)

Lanjut...

KPG

KPG

Penerbit KPG menerbitkan buku "Seri Rumah Dunia", yaitu buku "Relawan Rumah Dunia" dan "Menggenggam Dunia".  Juga sering menyumbang buku ke Rumah Dunia. Terima kasih tak terhingga! (*)

Lanjut...

Gagas Media

Gagas Media

Hikmat Kurnia tidak pernah bosan mendukung Rumah Dunia. Dialah yang memberi beasiswa menulis kepada Endang Rukmana. buku-buku Endang best seller di Gagas Media. Tetap semangat mendukung Rumah Dunia, ya!

Lanjut...

Mizan, Menjelajah Semesta Hikmah

Mizan, Menjelajah Semesta Hikmah

Sejak awal perjuangan Rumah Dunia, Haidar Bagir mendukung. Dia jadi donatur tetap Rumah Dunia. Semoga kerjasama ini berlanjut terus.

Lanjut...

Tawa Ceria

Tawa Ceria

Anak-anak Rumah Dunia tertawa gembira. Saat penutupan "Pesta Anak Rumah Dunia", 2013. (foto: dok RD)

Lanjut...

Saya Terima Nikah

Saya Terima Nikah

Harir Baldan - relawan Rumah Dunia dan wartawan koran Banten Raya dengan semangat menyalami penghulu, 'Saya terima nikah dengan Mawar Sari binti Suyoto almarhum, maskawin 5 gram, dibayar kontan!" (Foto FV)

Lanjut...

Kartu Nikah

Kartu Nikah

Relawan Rumah Dunia - Harir Baldan dan Mawar Sari, berseri-seri wajahnya setelah kartu nikah di tangan. Mereka menikah di Kampung Ciloang, Serang, Rabu 18/6/2014. (Foto FV)

Lanjut...

Pengantin Perempuan

Pengantin Perempuan

Mawar Sari, pengantian perempuan asal Kudus, bahagia bersanding dengan Harir Baldan, pemuda Kampung Ciloang, Serang, Rabu 18/6/2014. (foto FV)

Lanjut...

 

Sumbangkan Komikmu ke Istana Komik

Mulai tahun 2015, di areal Rumah Dunia akan ada “Istana Komik”. Untuk sementara masih nebeng di “Pinky Library”. Jika nnati ada rezeki, akan dibangun gedungnya. “Do’akan novel baru saya ‘Pasukan Matahari’ best seller,” kata Gol A Gong. “Apalagi kalau sampai difilemkan oleh Alenia Pictures. Langsung saya bangun!”

Full Story

Pamer Kostum Komik di Rumah Dunia

Jika Anda dan keluarga bingung mengisi liburan hari Minggu 21 Desember 2014, bergabung saja dengan Rumah Dunia. Sumbangkanlah komik bekas di rumah; komik Batman, Spiderman, komik sinchan, Upin-Ipipn, komok Bharatayudha, Mahabharata, komik Dragon ball, Kungfu Boy, komik Ilmu pengetahuan, komik kisa nabi, komik apa saja, bawa sebanyak-banyaknya, ya. Sumbangkan ke “Istana Komik” di Rumah Dunia.

Full Story

Desember Ceria, Agenda Rumah Dunia

Serang–Sepanjang Desember, sebagai menu penutup akhir tahun 2014, Rumah Dunia memiliki beragam kegiatan atau acara yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Kami memberikan porsi yang pas dalam menyuguhkan sebuah kegiatan. Tidak hanya memulu soal diskusi, namun juga ada workshop menulis novel dan cerpen untuk umum dan hukumnya wajib bagi peserta Kelas Menulis RD angkatan ke-24, […]

Full Story

 

Sekitar pukul 07:30, Kuswointan – relawan Bintang Book Corner, mengajak tim tur literasi Jawa ke kampung Majasari, Kecamatan Sliyeg, Indramayu, Jawa Barat. Intan ingin menunjukkan kepada kami, jikabdi Kantor Kepala Desa ada Perpustakaan Desa Majasari. Aas Adiwijaya sebagai Kepala Perpus Desa Majasari sangat inspiratif.

Full Story

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar sekolah gratis. Tentu senang bukan? Apalagi jika sekolah tersebut berada di daerahmu. Gratis tanpa di pungut biaya sedikitpun. Yah inilah Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu “Al-Aqso Pengadiangan Baitul Qur’an” Kramatwatu, Kab Serang.

Full Story

Ketika tur literasi Jawa mendeklarasikan “Klaten Membaca” di Omah Wayang, Klaten, Kamis 20/11/2014, saya berkenalan dengan Guruh Suasana Eddy. Saat itu Guruh mengajak sya untuk mampir ke taman bacaan masyarakat (TBM) “Mentariku” yang berlokasi ke arah Boyolali. “Paling satu jam,” kata Guruh. Sayang, saya harus terus ke Yogyakarta, menghadiri bedah buku “Gerakan Literasi” karya Muhsin […]

Full Story

ETALASE

ETALASE Archive

 

Lain-lain

Figur

Serang—Semuanya bermula dari organisasi dan bahasa Inggris. Organisasi bagi Historina Safitri Hakim, 26 tahun, adalah salah satu wadah untuk membentuk jatidiri, berkespresi, dan meluaskan jaringan dengan orang lain. Dan kemampuan berbahasa Inggris dapat menjadi pembuka karir seseorang. “Language can take you anywhere (bahasa dapat membawamu ke manapun),” katanya, usai kegiatan Kelas Inspirasi, Ahad, 14 Desember […]

Lanjutkan Figur ...

Masjidku

Tangerang – Bila berkunjung ke Kota Tangerang, masjid Raya Al Azhom adalah masjid yang tidak boleh dilewatkan. Inilah salah satu ikon Kota Tangerang yang terletak di Jl. Satria-Sudirman No. 1 Suka Asih, Kec. Tangerang Kota Tangerang, Banten. Masjid yang berada tepat di depan kantor Walikota Tangerang ini bisa kita lihat kemegahannya dari berbagai tempat. Diantaranya […]

Lanjutkan Masjidku ...

Jeda

Ini kisah Rabu pagi, 10/12/20!4. Sejak kemarin saya mengosongkan lagi satu rak buku di rumah. Diangkut ke Rumah Dunia Library. Jadi, jika ingin membuat perpustakaan atau taman bacaan masyarakat, jangan mengawalinya dengan meminta kepada orang lain atau menyebarkan proposal, meminta kepada dinas atau perusahaan. Jangan. Tapi mintalah pada dirimu sendiri. Mulailah dari sekarang membeli rak […]

Lanjutkan Jeda ...

Essay

“Sesungguhnya telah ada pada dirimu Rasulullah SAW  seri teladan yang baik bagimu, bagi orang- orang yang mengharap rahmat Allah Swt dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah Swt” (Q.S Al Ahzab : 21)   Ketika Rasulullah SAW datang ke rumah anda dan mengetuk pintu rumah anda, apakah yang akan anda katakan? Siapkah anda menjawab […]

Lanjutkan Essay ...

advert

Gonjlengan

Istana Komik

Saat saya merehabp dan merapihkan rak serta buku di “Rumah Dunia Library”, tiba-tiba saya menemukan beberapa komik. Itu yang tersisa. Ada komik “Mahabharata” yang sudah tidak komplit lagi. Dan beberapa komik ala Manga import dari Jepang. Tiba-tiba saya ingin sekali membangun gedung perpustakaan baru dan nanti saya namai: Istana Komik. Tapi darimana uangnya?

Full Story | December 10th, 2014

Kuliner

Kuliner Banten Berbumbu Kacang

Serang–Yang paling menarik dari Restoran H. Nasir adalah letaknya yang kurang lebih hanya 100 meter dari stasiun kereta api Kota Serang. Bagi teman-teman yang berasal dari luar kota Serang dan menempuh perjalanan menggunakan kereta api, keluar saja dari gerbang stasiun lalu belok ke arah kanan, selusuri sepanjang jalan Kitapa dan di nomor 118 itulah restoran […]

Full Story | August 27th, 2014

advert

Traveling

Kenangan Bersama Gol A Gong

Sore itu, 18 Februari 2014, bersama Pahala Kencana, saya melaju ke Serang, Provinsi Banten. Seumur-umur, baru pertama kali, pergi jarak jauh dengan naik bus, karena dalam kesempatan yang berbeda, lebih nyaman naik kereta api. Barangkali saya termasuk sosok ‘jadul’, jarang bepergian yang berjarak lumayan jauh—keluar Jawa Tengah—, kalaupun “terpaksa” pergi, ya dengan naik kereta api, […]

Full Story | November 28th, 2014

advert

Cerpen

Bebaritan

Oleh Ardian Je   Mata Rizal terus bergerak ke kanan-kiri, mengekori tubuh Mak yang mondar-mandir antara dapur dan pendaringan, tempat bersemayamnya gentong penampung beras dan membakar kemenyan di setiap Ahad dan Kamis malam, bakda salat magrib. Beribu pertanyaan berkelebatan di kepala kecilnya, seperti pendar kekunang di halaman belakang rumahnya saat gelap menjadi teman bumi. Namun […]

Full Story | August 15th, 2014

Novel

Tembang Kampung Halaman [9]

BAB lll — DI KAMAR NOMOR SEMBILAN — IPULtergopoh-gopohturun dari becak sambil membopong tubuh perempuan. Dia disambut oleh Mardi dan Ramli dengan beribu pertanyaan. Antara keheranan dan menyudutkan. Tanpa menjawab dulu Ipul langsung membawa Maisaroh ke kamarnya, kamar nomor sembilan. “Cepat ambil air hangat!” Mardi memerintah Ramli. “kamu apakan dia, heh?!” bentaknya gusar pada Ipul. […]

Full Story | July 20th, 2014

Puisi

Andai Aku Bisa Bicara

Proses kreatif menulis sajak ini, ketika sepulang dari bekerja di RCTI, aku berjalan-jalan menghirup udara segar di halaman belakang rumah, dimana Rumah Dunia berada. Saat itu sekitar tahun 2002. Aku kaget dan marah, begitu melihat buku-buku tua (album cerita bergambar) tergolek robek di antara batang-batang pohon pisang.

Full Story | December 18th, 2014